Jumat, 09 Desember 2011

aku bertanya, Al-Quran menjawab

suatu malam, aku tertegun. membaca terjemahan surat Al-Mulk ayat 3 :

"Yang menciptakan tujuh langit berlapis-lapis. Tidak akan kamu lihat sesuatu yang tidak seimbang pada ciptaan Tuhan Yang Maha Pengasih. Maka lihatlah sekali lagi, adakah kamu lihat sesuatu yang cacat?"

aku langsung bertanya dalam hati : "Lalu kenapa ada manusia yang cacat secara fisik?"
Dan Al-Quran menjawab pertanyaanku dalam QS. At-Tin ayat 4 Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman :

"Sungguh, Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya"

Allah telah menciptakan segala sesuatu dengan bentuk yang paling baik. Tidak ada kecacatan di hadapan-Nya. hanya saja, aku sebagai manusia yang menganggap hal yang bukan cacat itu menjadi suatu kecacatan. aku menganggap mereka yang tidak berjalan memiliki cacat fisik. aku menganggap mereka yang tidak bisa melihat memiliki cacat fisik. begitu terus anggapanku. "astaghfirullah..." begitu sombongnya aku. aku menganggap aku ciptaan Allah yang baik. tanpa cacat fisik. aku melupakan sesuatu. bahwa sesungguhnya ketika Allah menciptakan manusia tanpa mata dan kaki, itu adalah bentuk terbaik yang Allah ciptakan. itu bukan suatu kecacatan. hanya saja sebagai manusia yang penuh dengan keterbatasan dan kesombongan, aku menganggap tanpa kelengkapan organ tubuh adalah sebuah kecacatan.
"astaghfirullah..." malu aku. malu aku. bersikap sok paling sempurna. padahal Allah menciptakan semua sudah sebaik mungkin. aku harus menjauhkan kesombongan yang akan menjauhkanku dari Allah. aku akan berhenti mengatakan mereka yang tidak berorgan seperti aku adalah mereka yang cacat fisik. aku akan berhenti. karena yang terpenting itu bukan fisik. tapi hati. ketika fisik memang tidak serupa... ketika aku mengatakan cacat fisik, barangkali itu lebih baik. dari pada mengalami cacat hati "naudzubillah..."
so... tidak ada orang cacat fisik di dunia ini. yang ada adalah cacat hati.

Tidak ada komentar: