Kamis, 08 November 2012

LPJ Kunjungan

Liburan eits bukan liburan tapi kunjungan. Kunjungan kemaren ke tempat Ena di Mampang, Aa di Cileduk, Teteh di rucil Rangkas, Mamani di Rangkas, dan dua keponakan manis di Rangankas. Kunjungan yang berbuah manisnya pelajaran hidup.

Kunjungan di tempat Ena, selalu ngajarin gue hidup lebih sederhana dan prihatin, menghemat segala hal yang bisa dihemat termasuk biaya konsumsi selama di sana. Dan semua penghematan tersebut pada akhirnya selalu gue bawa ke Bandung. Gue selalu nyicil makan sate. Kalau beli sate 10 tusuk, gue pasti makan 5 tusuk  di malam hari, sisanya gue makan buat sarapan. Walaupun sebenarnya gaya makan sate kayak gitu udah gue jalanin sejak SMA kelas 1. Dimana gue harus pisah sama mama dan bapak. Dan tahu apa? Gue orangnya gila banget investasi.
Investasi itu singkatnya, gue ngirit sekarang buat nanti gue belanjain tuh duit di masa depan. Kalau gue ngirit alias hemat sekarang, otomatis bakal banyak yang gue tabung, kalau banyak tabungan gue, akhir bulan, gue mau beli baju atau sepatu semua bakal baik-baik aja. Toh gue pake tabungan gue sendiri.
Di tempat Ena juga, gue memetik pelajaran lain: kurangi jajan. Gue ini hobinya jajan. Dimanapun gue berada, di situ gue jajan. Haha. Jadi, sering banget gue jajan dimana-mana. Meskipun semester 4 sampai semester 5 gue nggak suka jajan di kampus lantaran gue bawa bekel, waktu magang kemaren pun gue bawa bekel dan cuma beli pisang di kantin, gue tetep hobi jajan. Utamanya ke lingkungan yang baru gue temuin. Nggak jarang nih duit receh gue ngelayap kemana aja gara-gara gue pake jajan.

Kunjungan berikutnya, ke rumah aa di Cileduk eh bukan. Entahlah. Gue nggak tahu pasti apa nama daerahnya. Yang penting di Tangerang dan deket banget sama Ibu Kota.
Nah ini! Di rumah aa lah paling banyak gue dapet pelajaran. Sebab, gue ngobrol sama Ena dan mama sebagai wanita dewasa. Ceileee... Nggak ada yang panggil gue "bocah" di rumah itu, lebih spesifiknya waktu ngobrol sama Mama dan Ena di kamar Aa.
Nasehat mama luar biasa, yang akhirnya gue berujung pada kesimpulan:
1. Mama bilang, harus bisa menjaga kehormatan sebagai wanita sampai akhirnya punya suami.
2. Mama tuh nggak mau banget anaknya kekeringan, baik kekeringan rohani karena suami yang nggak berbagi ilmu agama maupun kekeringan kantong, alias gue atau suami gue yang kere.
3. Mama ngizinin gue pacaran. Hahaha. Ini dia yang gue demen.
4. Mama nyebutin kriteria calon menantu yang mama mau. (rahasia)
Banyak lagi... Tapi dari kesimpulan di atas, terbuktikan kalau omongannya mama, gue, dan Ena seputar kehidupan wanita dewasa. Means, gue bukan bocah lagi.

Kunjungan berikutnya, Ke Rucil alias Rumah keCil punya teteh dan sang suami.
Gue belajar dari hal yang teteh bilang: bahwa gue harus nurut sama omongan orang tua, baik dalam menentukan karir maupun menentukan calon suami. Yap. HARUS NURUT SAMA ORANG TUA. Kadang ini yang berat buat gue. Mama sama bapak lebih sering nggak suka sama apa yang gue suka. Dan lebih sering juga gue ngalah. Buat gue, mama bapak itu udah ngelewatin manis pahit asin asem kehidupan, jadi saran mama bapak, the best buat gue. dan bakal gue laksanain. Yang berat itu, kalau cowok yang gue suka, nggak mama bapak suka. fiuh.

Kunjungan ke Mamani dan dua ponakan kecil berujung pada sebuah pelajaran manis.
Ponakan gue namanya Yaya (kelas 3 SD) dan Icha (kelas 1 SD). Hari pertama gue di Rangkas, gue ngejemput Yaya-Ica di sekolahnya pake motor sama teteh. Abis nganter Icha ke rumah mamani, gue, Yaya, ama teteh pergi nge-Mie Uun. Di Mie Uun, mulut gue menganga lantaran kaget liat HP yang dipegang Yaya. HP itu HP yang iklan-nya sama CB. Gue otak-atik tuh HP. ternyata wallpaper dan ringtone-nya CB punya. Belum lagi Yaya yang hapal semua personil CB, bukan cuma itu, kalau ada liputan di TV tentang CB, Yaya pasti nggak pernah absen. Ya kecuali kalau lagi masa ulangan.
Haih. Yaya segitu totalnya menyukai satu hal. CB itu tuh. Jadi, gue juga mau gitu deh sama segala hal yang gue suka. Kalaupun yang gue suka belum tentu yang terbaik, tapi apa salahnya gue suka dan tulus kan? Kelak kalau itu emang bukan hal yang baik buat gue, pasti Allah juga punya cara indah buat ngejauhin hal nggak baik itu dari sisi gue. hahay. Keren banget omongan gue.
Sama kayak gue kalau suka sama orang, gue nggak peduli apa pandangan orang sekarang, yang gue mau, gue tulus sayang dan mengekspresikan sayang/suka gue. Tapi kalau akhirnya gue dikhianatin, bakal gue jamin, orang itu nggak bakal dapet ketulusan seperti tulusnya gue. alah. keren lagi nih ngomong. Artinya, ketika gue sakit atau mendapat manfaat negatif dari menyukai seseorang atau sesuatu hal, maka sejak saat gue sadar itulah gue bakal berhenti menyukai mereka semua secara total.

Tidak ada komentar: