Rabu, 27 Mei 2009

it is my self

Buat gw, kesuksesan itu dimulai dari… MENGETAHUI DIRI SENDIRI. Mengetahui disini bisa sangat luas artinya, bisa mengetahui potensi diri sendiri, kelebihan diri sendiri, kekurangan diri sendiri atau yang lainnya.
Nah… KELEBIHAN yang gw punya…
• Bertanggung jawab sama tugas yang dikasih ke gw. Gw orangnya nggak biasa nunda2 pekerjaan. Jadi kalau hari ini, gw dikasih tugas, atau dimintain tolong, gw bakal kerjain hari ini juga. Biar nanti, waktu sisanya gw pake buat nanyain yang nggak ngerti
• Serius. Kalau sudah masuk ke suatu forum atau perkumpulan organisasi atau yang sejenisnya… (pokoknya yang membicarakan kepentingan bersama) gw pasti serius. Nggak main2. Kalaupun gw lagi nggak mood buat serius, gw mending diem, dari pada bikin ribut dalam forum
• Terbuka. Gw paling nggak suka sama orang yang berani ngomong di luar lingkungan rapat. Secara… kalau lagi ngumpul, ngerapatin sesuatu buat ngedapetin kata mufakat, gw lebih suka nyatain pendapat gw pas rapat, nggak di luar rapat. Kesannya pengecut. Padahal, sebagai warga Indonesia, kita punya hak berpendapat. Itu sudah diatur dalam UU loh…
• Sabar. Gw selalu sabar nanggepin omongan miring orang tentang gw. Gw juga selalu sabar nunggu kabar orang yang gw pengen tunggu kabarnya. Meski kadang seharian nggak ada kabar, tapi gw coba maklum
• Positif thinking. Ini yang paling susah buat gw dapetin. Dulu… gw selalu negative sama orang. Tapi sekarang, gw bisa positif thinking. Kenapa? Karena buat gw, negative itu bikin capek hati dan pikiran. Gw nggak mau gila mendadak
• Supel. Gw emang supel, tapi tentunya sama orang yang gw kenal. Nggak mau dong gw sok kenal sama orang yang nggak gw kenal. Malu. Hahhaa
• Percaya diri tinggi. Gw punya percaya diri yang tinggi. Tapi Cuma beberapa hal saja. Kayak; penampilan. Oia… ada lagi. Gw PD kalau gw lagi presentasi dan materi presentasi itu sudah sangat gw kuasai. Gw juga PD kalau ngomong bahasa Inggris sama orang yang lebih ahli dari gw. Meski gw nggak bisa bahasa Inggris. Tapi gw pikir, kalau gw malu ngomong bahasa Inggris, kapan gw bisa?
• Kerja keras. Hal yang jarang dimilikin sama orang lain di zaman sekarang, adalah kerja keras. Gw selalu bekerja keras mengerjakan apapun yang belum gw bisa sekalipun sampai gw bisa banget
• Rajin. Itu satu kata yang disebutin Pak Cucu (guru lifeskill gw). Ok… kalau ini gw juga ngerasa gw rajin. Setidaknya, kalau ada kerja kelompok, orang yang sekelompok sama gw pasti beruntung. Karena tanpa disuruh, gw pasti langsung mengkordinir jobnya dan… gw paling rajin ngerjain tugas itu. Kadang, gw nunggu sampe temen sekelompok gw nanya, baru gw terangin. Karena gw pengen tahu, sampai sejauh mana kepedulian dia sama tugas kelompok ini
• Mudah dapat inspirasi. Gw cepet dapet inspirasi. Terutama kalau urusannya tulis-menulis. Itu karena gw emang suka sama nulis.
• Hemat. Gw paling suka belanja2 nggak jelas. Itulah yang buat gw selalu menyisihkan uang jajan gw. Gw pikir, kalau gw nabung sekarang, di masa depan nanti, uang itu bisa beliin gw banyak hal. Jadi ya… mending SUSAH SEKARANG, SENANG KEMUDIAN
• Penurut. Gw selalu minta saran sama orang tua gw. Kadang, saran itupun yang jadi pertimbangan gw buat melangkah ke masa depan. Dalam benak gw… selalu ada pikiran “anak yang nurut sama orang tua, pasti akan berhasil di kemudian hari.” Tapi nurutnya harus sama hal2 yang masuk akal dan hati ya…
*itu kelebihan yang Allah swt kasih ke gw. Gw tahu… masih banyak kelebihan yang Dia berikan sama gw. Karena Allah maha Pengasih. Pasti Dia nggak tanggung2 kalau ngasih apapun sama umat-Nya. Kenapa gw yakin? Karena banyak juga kekurangan yang gw punya. Kekurangan gw yang terdeteksi sama gw, bakal gw perbaikin. Tapi tentunya nggak kilat. Karena kalau kilat, biayanya pasti mahal
Nah… sekarang… setiap manusia itu nggak ada yang sempurna. Secara fisik, mungkin kekurangan gw banyak. Tapi… okelah… kalau gw ngebahas kekurangan fisik gw, mungkin gw bisa disebut kufur. Jadi… mending gw tulis kekurangan nonfisik dari gw
• Nggak gampang percaya sama orang. Emang… kebanyakan orang bilang, ini bagus. Dengan begitu bisa meminimalisir menjadi korban penipuan. Tapi ini bahaya banget kalau dalam ngerjain tugas kelompok. Gw selalu berupaya menyelesaikan semuanya sendiri (kecuali kalau emang tugasnya banyak banget) “gw bakal mengubah sikap ini.”
• Takut gagal. Gw nggak takut mencoba. Tapi setelah mencoba, gw selalu takut sama hasil yang ada. Gw takut kalau hasil coba2 gw nggak sesuai harapan. “ayolah… takut gagal itu kan biasa… tapi yang penting gw bukan pecundang yang kalah sebelum berperang.” Takut gagal inilah yang selalu buat gw ngerasa harus semakin dekat dengan Tuhan.
• Moody. Semua tergantung mood. Kalau gw lagi males ngapa2in, yah… pasti gw Cuma bermales2an diatas tempat tidur. Bahkan makan pun mungkin bisa males.
• Lebay. Entah ini kekurangan atau kelebihan. Tapi kadang, gw menanggapi suasana hati gw dengan lebay. Ehh… tapi justru lebay inilah yang buat gw ngerasain liku2nya hidup
• Maksa. Mungkin gw orangnya sedikit maksa buat ngedapetin apa yang gw mau (tapi itu dulu sebelum umur gw 17 tahun) hehehe
• Memikirkan hal yang nggak perlu. Kadang, dalam kesendirian gw, gw selalu mikirin hal yang sebenernya nggak perlu gw pikirin. Tapi setelah gw baca buku La Tahzan, gw baru sadar, kalau nggak boleh kayak gitu. Boleh sih mikirin hal2 yang nggak perlu itu, tapi jangan sampai berlebihan dan akhirnya membuat gw ‘diam’ disitu saja tanpa bergerak.
• Gampang bosen. Dengan kegiatan yang itu2 saja… kadang buat gw cepet jenuh. Padahal, gw tahu, kegiatan itu bikin gw sehat. Kayak beberapa bulan yang lalu, waktu gw harus minum obat PAHIT sehari dua kali. Bosen… banget…
• Egois. Kadang gw bisa sangat bersikap egois. Gw nggak mikirin perasaan orang lain di sekitar gw. Entah orang itu tersakiti atau nggak. Tapi … setelah gw SMA, banyak hal yang gw alamin. Jadi, gw sudah bertekad dari dulu buat nggak nyakitin siapapun lagi sekarang. Karena rasanya disakitin itu nggak enak.
• Nggak bisa nunggu orang. Satu hal yang paling nggak bisa gw lakuin adalah… nunggu orang berjam2. Kalau orang yang gw tunggu sudah datang, gw bakal tetep memperlihatkan muka bt gw, meskipun orang itu sudah ngasih jutaan alasan. Ok… balik lagi ke kekurangan gw yang diatas, gw nggak mudah percaya sama orang lain, jadi, meskipun alasannya masuk akal, kadang gw susah percaya sama tu orang
• Hambur2in uang. Gw bukan tipe orang yang mesti seminggu sekali belanja ko. Gw malah orang yang lebih seneng menghabiskan waktu di depan tivi sambil nonton dvd baru yang gw beli. Tapi… lagi2 gw Cuma manusia biasa. Kalau gw lagi kesel sama suatu hal, gw pasti butuh refreshing. Dan karena nonton dvd itu biasa gw lakuin, jadi nggak ada refreshing yang bisa gw dapat (apalagi kalau nonton film horror). Jadi… kadang dari pada gw ngajak pacar atau temen yang takutnya nanti malah jadi pelampiasan kekeselan gw. Mending gw nonton, makan sendiri. Ngabisin duitkan? Tapi setelah itu… gw harus mau buat puasa nggak main sampe minggu depan
• Mudah tersinggung. Kalau ada perkataan orang yang nggak enak. Gw pasti kesinggung. Meski itu bukan ditujuin buat gw
• Pelupa. Gw gampang banget lupa sama hal yang misalnya baru kemaren gw lewatin. Makanya, kalau gw punya inspirasi nulis, mending gw langsung nulis. Soalnya itu tadi… gw gampang lupa.
• OGAH LAGI2. Mungkin itu hal yang kadang gw alami. Gimana rasanya, kalau lo sudah berusaha mati2an buat ngeutamain kepenting kelompok, tapi ternyata kerjaan lo malah di lihat kekurangannya mulu sama temen sekelompok lo? Nah… kalau ini sering terjadi sama gw. Mungkin gw bakal mundur perlahan dan bakal bertekad “gw nggak akan perduli lagi sama kelompok.” Ok! Tapi itu Cuma tekad dalam hati. Ujung2nya, gw tetep nggak bisa nyuekin tugas kelompok itu
• Manja. Gw manja sama pacar gw. Gw tahu itu. Tapi mau gimana lagi… gw nggak terbiasa manja sama orang tua gw. Karena dari kecil, orang tua gw selalu mendidik gw dewasa. Jadi… mumpung punya pacar, kadang gw manja sedikitlah… wajarkan kalau ada perempuan yang mau dimanja sama pacarnya.
*kekurangan dan kelebihan yang gw tulis itu, bukan bermaksud pamer atau apa. Tapi itu merupakan ekspresi dari diri gw. Betapa gw kenal diri gw sendiri. Meski kadang, dalam kondisi tertentu gw bisa lupa siapa diri gw. Hehehe. Tapi sekali lagi, kekurangan itu bakal gw pake buat memperbaiki VANI di masa mendatang.

Tidak ada komentar: