Sabtu, 19 Juni 2010

BUMI CINTA

seorang mahasiswa muslim Indonesia yang datang ke Rusia, sebuah negara dengan sex bebas yang merajalela. betapa besar perjuangannya untuk dapat menjaga keimanan meski ia tinggal di sebuah apartemen dengan gadis Yahudi Rusia.
ketika Ayyas datang ke Rusia, ia terus melakukan ibadah spiritualnya secara rutin bahkan ibadah itu semakin giat untuk menjaga keimanannya agar tidak terjatuh dalam kubangan lumpur akibat rayuan setan.
banyak hal yang bisa dipetik setelah membaca buku itu...
seorang muslim haruslah memupuk keimanannya secara terus-menerus untuk menghindari agar tidak terjembab dalam godaan setan yang terkutuk. kalau semakin lama imannya semakin terancam, sebisa mungkinlah menghindar dari sesuatu yang membawa pada kesesatan. dengan begitu dapat menyelamatkan iman dan kesucian diri. percaya bahwa meskipun tidak ada seorang dapat melihat ketika kita berbuat dosa, sebenarnya Allah swt Maha melihat. dan ada malaikat juga yang akan mencatat perbuatan kita. lalu pada akhirnya akan di pertanggungjawabkan kepada sang Illahi.
poin kedua adalah, betapa Allah swt akan menolong umat-Nya yang tengah dalam ancaman orang lain. Muhammad Ayyas (tokoh utama dalam novel) diselamatkan oleh Allah dari tudingan seorang teroris padanya ketika terjadi pengeboman di hotel besar Rusia. ketika pengeboman terjadi, Ayyas tengah menjadi bintang tamu pada salah satu acara TV. Allah swt menyelamatkan umat yang senantiasa mendekatkan diri kepada-Nya.
Islam memberikan ketenangan. agama adalah batasan, karena ada AlQuran dan hadits yang menjadi pedoman agar tetap berada dalam jalan yang diridhai Allah swt. David, teman Indonesia Ayyas yang menetap lama di Rusia mengakui hal tersebut. sejak masuk ke negara itu, ia merasa terbelenggu dengan goda setan. kehidupan bebas selalu ia jalani. tetapi apa yang ia dapat, kehampaan semata, hingga akhirnya ia bertobat dan kembali lagi menunaikan ajaran-Nya yang telah lama ia tinggalkan. David pun merasa tenang setelah kembali menjalankan kewajibannya sebagai muslim. hingga ketika ia tak kuasa menahan nafsu syahwat yang menggerayangi jiwa, ia pergi mencari wanita untuk dinikahi berdasarkan islam. subhanallah..akhirnya mereka hidup bahagia. Allah swt akan senantiasa memberi kemudahan bagi umat-Nya. Allah swt Maha pengempun dan penyayang. Dia juga Maha pemaaf. Allah swt akan memberikan kemudahan bagi umat yang bertobat di jalan-Nya.
masih banyak hal lain yang bisa dipetik setelah membaca novel karangan Kang Habiburrahman itu. kalau mungkin ditulis semua, dapat menjadi novel menarik juga :D

Tidak ada komentar: