Jumat, 15 April 2011

berbakti kepada kedua orang tua



Kajian Muslimah

Muslimah Center Daarut Tauhid

Minggu, 10 April 2011

Ibu Nurhayati

Berbakti Kepada Kedua Orang Tua

Berbakti kepada orang tua selagi mereka masih hidup

Amal yang paling dicintai oleh Allah adalah berbakti kepada kedua orng tua. karena berbakti kepada orang tua disandingkan dengan bakti kepada Allah. Ketika kita taat kepada orang tua, maka kita akan disebut taat juga kepada Allah. Tidak baik membawa orang tua yang sudah senja ke panti jompo karena bakti kepada orang tua tidak dapat diwakilkan oleh siapapun. Justru orang tua yang sudah senja merupakan ladang pahala bagi kita. Karena ketika merawat mereka, artinya kita berbakti kepada mereka. Dan ketika kita berbakti kepada mereka, kita juga berbakti kepada Allah. Tetapi dalam hal bakti kepada kedua orang tua, tidak bolehlah kita menyekutukan Allah. Maksudnya kita tidak boleh lebih mengharap ridho mereka dari pada ridho Allah. Misalnya ketika mereka meminta pertolongan kita, sedang adzan telah berkumandang, segeralah menghadap Allah. Tundalah permintaan tolong mereka dengan baik-baik.

Bagi setiap istri, janganlah marah jika suamimu lebih mengutamakan orang tuanya. Karena memang seorang suami harus tetap berbakti dan taat kepada kedua orang tuanya. Berbeda dengan wanita, yang setelah menikah haruslah taat kepada suami, mencari ridho suami, demi mendapat ridho Illahi.

Mendoakan orang tua

Salah satu amal yang tidak pernah putus kepada kedua orang tua adalah mendoakan mereka selalu dalam kebaikan. Kita harus senantiasa mendoakan orang tua kita karena kelak anak-anak kita pun akan berlaku demikian. Apa yang kita lakukan saat ini aka nmenjadi cerminan di kemudian hari. Bila kita ingin mendapat anak yang sholeh dan sholehah, maka jadilah anak yang sholeh dan sholehah. Sehingga jika kita ingin anak kita mendoakan kita agar tidak pernah terputus amalannya setelah kita meninggal, maka sering-seringlah mendoakan orang tua.

Mengutamakan mereka dalam berbuat kebaikan

Kita tidak boleh mengutamakan orang lain dalam berbuat kebaikan dibandingkan dengan orang tua kita. Artinya, buatlah kebaikan terlebih dulu kepada orang tua. jadikan orang tua sebagai prioritas utama dalam berbuat kebaikan dibandingkan makhluk lainnya.

Dalam mengutamakan orang tua di segala kebaikan, kita harus ikhlas dan mengharap ridho Allah SWT. Karena dengan begitu pahala yang besar akan mengalir kepada kita dari Allah SWT.

Rasulullah saw bersabda ada dua hal yang dapat menjadi dosa besar :

1) Menyekutukan Allah SWT

2) Durhaka kepada orang tua

Dengan mendurhakai orang tua, sama saja kita menolak berkah dari Allah SWT. Durhaka kepada orang tua sama sekali tidak mendatangkan kebaikan, hanya mendatangkan mala petaka. Tidak akan ada kemudahan bagi anak yang durhaka kepada orang tuanya. Maka dari itu, jangan pernah melihat besar kecilnya dosa yang kita perbuat, tetapi lihatlah kepada siapa dosa itu kita buat.

Tetap berbakti ketika mereka meninggal

Menjadi anak shaleh adalah amalan yang tidak pernah putus ketika orang tua kita meninggal. Dengan menjadi anak shaleh, kita mempermudah jalan mereka menggapai surga Allah yang paling indah. janganlah menjadi anak yang menyalahkan orang tua karena itu akan mempersulit jalan mereka menuju surga-Nya.

Sedikit cerita… waktu itu bapakku berulang tahun. Aku terus memutar otak, memikirkan bagaimana cara memperoleh uang untuk bisa membelikan bapak kado ulang tahun yang indah. Setelah semalaman saya berpikir dan minta petunjuk dari Allah. Saya sadar, kalau ternyata, kado paling indah bagi bapak dan sekaligus mama adalah… MENJADI ANAK YANG SHALEHAH. Memang tidak aka nada wujudnya saat ini, tetapi insyaAllah berbuah di kemudian hari dalam tempat dan izin yang diridhoi-Nya. tapi kalau ada uang, boleh aku membelikan sesuatu untuk mama dan bapak. tapi sebagai hadiah. karena salah satu bentuk mencintai sesama adalah dengan memberi hadiah :)

Sabda Rasulullah saw. Ada 4 hal yang harus dikerjakan seorang anak ketika salah satu atau kedua orang tua meninggal, yaitu :

Menyolatkan dan memandikan

Memintakan ampunan kepada Allah dan seluruh makhluk-Nya

Memenuhi janjinya

Memuliakan kawan dan kerabatnya

Aku jadi teringat waktu mendengar ceramah yang disampaikan oleh Ummi Yusuf. Beliau menyampaikan pentingnya kita mencari ilmu untuk mempersiapkan diri menghadapi kematian. Yang aku dapat adalah… mempersiapkan diri disini bukan hanya mempersiapkan amal dan iman kita untuk menghadap Allah tapi juga menyiapkan diri untuk memperlakukan orang sekitar kita yang lebih dulu menghadap Allah dengan baik.

Alhamdulillah… sungguh bermanfaat mengikuti kajian. J

Ditulis oleh :

Nama : Vani Triani Sudarto

NPM : 109400484

Tidak ada komentar: