Senin, 09 Januari 2012

Jamu & Herbal was in my life

sejak kelas 1 SD, mama selalu menyuruhku meminum jamu. Jamu adalah minuman yang terbuat dari tumbuh-tumbuhan. dan dipercaya memiliki khasiat tertentu. misalnya untuk mempercantik kulit, menghilangkan bau badan, mencerdaskan otak, dan sebagainya.
mama menyuruhku minum jamu untuk menambah kepintaran otak. sehingga setiap pagi, sebelum berangkat sekolah, aku selalu memanggil mba tukang jamu. "Mba, mau jamu buyung upinya." ucapku. jamu buyung upi waktu aku kecil sangat terkenal. rasanya aneka jenis. tidak terlalu bau dan pahit. memang jamu khusus anak-anak.

beranjak SMP, aku tidak suka lagi minum jamu. jam sekolah yang semakin maju membuat aku kesulitan menunggu tukang jamu. paling akhir minggu aku baru bisa minum jamu. tempat tinggalku waktu sampai SMP itu dikelilingi pedagang bakso dan jamu. semuanya kebanyakan dari Jawa. jadi sangat banyak peluang tentunya untuk meneguk segelas jamu. kalau minum jamu, aku suka sekali minum yang manisnya. kadang sampai nambah dua kali. hmmm . yummy!

setelah memutuskan pindah ke Bandung... aku jarang sekali minum jamu. satu dan dua tahun berlalu. masih saja kesulitan mengkonsumsi jamu. ada sih langganan mama, tapi tetap saja. setiap tukang jamu datang, aku sudah berpelukan dengan pelajaran di sekolah.
tetapi... di semester awal kelas 12. aku wajib mengkonsumsi herbal.
sakit keras itu mengharuskanku mengkonsumsi herbal dari pada harus berhadapan dengan pisau operasi. dokter bilang kalau 2 minggu tidak hilang, harus operasi. aku takut. menangis. meratap. iya! aktivitas terganggu. mama bapak semakin protektif. untuk berjalan jauh saja dilarang habis-habisan. dari pada ke ruang operasi, mama dan bapak membujukku untuk mengikuti pengobatan alternatif. dengan mengkonsumsi herbal. walhasil... aku nurut. kami pergi berobat bersama.
herbal dan jamu sama. sama-sama terbuat dari tumbuhan. yang membedakan hanyalah... "apa ya?" nothing! keduanya sama-sama pahit.
aku pergi berobat setiap 10 hari 1 kali. aku dapat 10 bungkusan herbal. di dalamnya ada akar tumbuhan, ada gingseng, ada apapun itu. semua bercampur dalam 1 bungkusan. setiap harinya aku minum 1 gelas. proses pembuatannya...
  1. herbal yang dibungkus dituang ke dalam panci
  2. masukkan air 800 ml yang kemudia di buat menjadi 1 gelas 200 ml
1 bungkus 2 kali direbus.

selesai minum herbal, efeknya luar biasa. kepala rasanya mau pecah. isi perut terasa ingin keluar semua. badan remuk. semua terasa sangat menyakitkan. katanya untuk mengeluarkan racun yang sudah kutimbun saat sehat.

aku pasrah. satu bulan berlalu. herbal yang kuminum di bulan berikutnya berubah lagi dari segi ramuan. semakin pahit. dan aku harus sabar meminumnya satu hari dua kali.
bulan berikutnya ... semakin pahit... terus dan terus hingga enam bulan. kalau dalam waktu penyembuhan (saat aku minum herbal) aku makan junkfood maka tamatlah riwayatku. seluruh tubuh menolak. akan mengeluarkan rasa sakit yang luar biasa. seperti itu terus berlanjut dan berlanjut.

badanku makin kurus. berat badan yang mencapai 55 turun menjadi 48. drastis nggak ya? bagiku sangat drastis. pakai baju ini dan itu sangat tidak cocok karena terlalu kurus.

tapi tahu tidak? mengkonsumsi herbal dan jamu adalah hal yang menyenangkan. efeknya positif. muka tidak jerawatan. kulit lebih bersih. dan yang terpenting, membuat aku mengkonsumsi makanan yang sehat.

setelah hampir 3 tahun aku meninggalkan herbal karena trauma akan efeknya yang luar biasa membuatku sakit, akhirnya aku mengkonsumsi jamu lagi. baru tiga hari. tapi rasanya.. nikmat. pahit memang. mama bilang, harus mau minum yang pahit-pahit kalau jadi perempuan.
so... i am trying, mother.

Tidak ada komentar: