Kamis, 09 Februari 2012

cemburu

Karena saya perempuan, maka saya akan beropini cemburu dari sudut pandang perempuan. Cemburu yang dalam Bahasa Inggris disebut jealous ini memiliki makna yang rumit untuk dijelaskan. menurut saya, cemburu adalah sebuah perasaan kurang senang atau bahkan sangat tidak menyenangkan yang dirasakan seseorang akibat orang yang sedang berinteraksi dengannya lebih mementingkan hal lain. Sedangkan cemburu dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia berarti merasa tidak atau kurang senang melihat orang lain beruntung dsb.

Cemburu dapat dirasakan siapa saja. Bukan hanya dirasakan oleh ABG yang cinta monyetnya sedang asik mengamati wanita lain. Bukan juga hanya dirasakan oleh dua insan yang sudah menikah. Tetapi dapat dirasakan oleh seorang anak yang mengira orang tuanya lebih menyayangi kakak/adiknya, seorang mahasiswa yang melihat dosen lebih mementingkan kepentingan temannya dibanding diri, dan masih banyak lagi contoh kasusnya.

Cemburu adalah bumbu dalam sebuah hubungan lawan jenis. Tetapi akan menjadi boomerang jika diselipkan dalam kehidupan sosial. Menjadi boomerang, ketika kita tidak bisa mengontrol rasa cemburu kita. Alhasil menyebabkan kita selalu merasa tidak senang. Ketika merasa tidak senang terus-menerus, maka tubuh akan memiliki aura negatif. contohnya ketika saya cemburu teman saya memiliki tas yang lebih bagus. keesokan harinya teman saya memiliki sepatu yang bagus. saya cemburu lagi. maka saya akan selalu merasa tidak senang setiap kali melihatnya. hal seperti ini yang sangat akan mengganggu kehidupan sosial dan kejiwaan saya.
orang yang selalu merasa tidak senang maka akan juga menularkan efek tidak baik pada lingkugnan sekitar.

---

terlalu luas pembahasannya. saya sempitkan menjadi Cemburu dalam Jalinan Kasih dua Insan.
lebih puitis sepertinya. kebanyakan orang menganggap cemburu adalah bumbu manis dalam sebuah hubungan. cemburu dalam sebuah pasangan mengindikasikan kepedulian sati sisi terhadap pasangannya. sehingga tercetuslah sebuah ungkapan; cemburu tanda sayang.
sedikit setuju. dan lebih banyak tidak setuju dengan ungkapan itu. cemburu menurut saya memang penting. tetapi bukan indikasi dalam sebuah percintaan. kerana ketika mengatakan cemburu adalah tanda sayang, lalu bagaimana dengan orang yang tidak cemburu? belum tentu ia tidak sayang. bisa saja kecemburuan tidak muncul karena tertutupi oleh sifat dan sikap pengertian yang dimilikinya.

hati-hati
cemburu yang membabi buta dalam sebuah pasangan pun akan menghancurkan hubungan mereka. cemburu yang membuat anda menjadi peneror pasangan anda. cemburu yang membuat anda menjadi portal untuk kebebasan pasangan anda. cemburu yang membuat pasangan anda serba salah. cemburu yang membuat anda menjadi boros;karena menelepon pasangan anda terus-menerus. cemburu yang membuat anda selalu berpikiran dan berucap negatif, dan masih banyak lagi cemburu-cemburu lain yang dapat menghancurkan anda dengan pasangan anda.

cemburu dalam rumah tangga itu penting. karena sudah adanya komitmen untuk membangun keluarga. dimana kesetiaan dituntut. karena saya masih belum bersuami, maka saya akan membahas cemburu dalam hubungan anak remaja yang belum menikah. saya tidak mau menyebutnya pacaran.
sering kali saya mendapati seorang wanita yang cemburu karena kekasih hatinya lebih memilih jalan dengan sahabatnya atau teman perempuannya. sahabat saya contohnya. ia selalu uring-uringan setiap kali tahu kalau pasangannya sedang jalan dengan sahabatnya. alasannya sederhana; ia takut pasangannya melirik wanita lain karena obrolan para pria yang selalu bergelut dengan masalah wanita. sedikit masuk akal.
bukan hanya itu. sahabat saya juga melarang pasangannya untuk jalan dengan teman perempuannya. alasannya sangat jelas. ia cemburu.
menurut saya, cemburu yang menimbulkan larangan seperti itu sangat tidak baik dalam sebuah hubungan yang bukan pernikahan. saya sendiri sebagai perempuan masih ingin berteman dengan siapa saja. risih bila hati memiliki kekasih yang melarang saya berteman dan jalan dengan siapapun. saya selalu takut senggol sana, ini cemburu. senggol ini, sana yang cemburu. tapi memang begitu adanya. alhasil ruang gerak saya sebagai anak mudi semakin terbatas. belum lagi saya harus berbohong untuk melindungi hati-hati sensitif yang akan terluka.
cemburulah yang wajar! dengan tidak menjadi pribadi yang menyebalkan dengan kecemburuan yang dimilikinya. orang yang matang dan dewasa adalah dia yang dapat memanaj rasa cemburunya dengan baik.

---

lalu? apakah pasangan yang selalu cemburu harus ditinggalkan? eits! tunggu dulu!
tidak selamanya perpisahan menjadi solusi yang terbaik. jika cemburu menimbulkan perang dunia ke sekian dalam hubungan, bicaralah! komunikasikan dengan baik pada pasangan kita. mencoba terbuka satu sama lain. lalu cari solusi bersama.
yang terpenting adalah... saling pecaya dan pengertian. percaya dan pengertian dituntut keberadaannya dalah sebuah pernikahan, bukan hanya pernikahan tapi hubungan lawan jenis lainnya (ex: pacaran)

cemburu itu perlu! tapi tidak berlebihan. karena sesuatu yang berlebihan akan merusak. untuk itu, jadilah orang yang matang dan dewasa. dia yang mampu mengelola rasa cemburunya... maka cinta dan kecemburuan yang baik pun akan datang menghampiri anda...

ini opini saya. mana opinimu?


Tidak ada komentar: