Minggu, 01 Juli 2012

learn

beberapa waktu lalu, adikku memberikan tumpukan kemeja aa yang sudah tidak terpakai. Ia memintaku untuk mengecilkan kedua sisi kemeja sampai ke bagian lengan sesuai dengan ukurannya. sekian lama. aku mengabaikan tumpukan kemeja itu karena harus berkutat dengan buku akibat kehadiran UAS dan skripsi yang menjelma. barulah liburan ini aku bisa membagi waktu kapan harus skripsi, kapan baca buku, kapan juga menjahit berbagai baju, serta mengimplementasikan semua desain yang sudah lama kugambar. 

satu kemeja butuh waktu satu hari termasuk istirahat, makan, dan bermain games. kuperhatikan setiap bagian. mencari cacat yang telah kuciptakan pada kemeja yang sudah berukuran badan adikku. ternyata bagian ketiaknya masih bertumpuk. aku membuka lagi jahitan lalu memperbaikinya lebih hati-hati. selesai. hasilnya lebih baik. tapi tetap saja. baju yang dikecilkan tidak terlihat bagus seperti baju dengan ukuran aslinya. mungkin aku yang belum ahli. maklum masih tahap belajar. 

satu kesimpulan yang kutarik, ternyata perubahan tidak selamanya baik. baju yang ukurannya kini lebih kecil tidak sebagus ketika ukurannya besar. sekeras apapun mencoba. pasti ada saja yang kurang. tapi bukan berarti menyerah lalu mengatakan, "baju ini tidak mungkin menjadi kecil". aku harus lebih berupaya dengan keras untuk bisa membuatnya lebih sempurna. walau sedikit saja. 

Tidak ada komentar: